Senin, 07 Februari 2011

RANCANGBANGUN SIMP BIAYA DAN ANGGARAN PENDIDIKAN


RANCANGBANGUN SIMP
BIAYA DAN ANGGARAN PENDIDIKAN
PADA SMK NEGERI 4 KOTA JAMBI
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN



I.                   Pendahuluan

Sistem informasi Manajemen Pendidikan (SIMP) merupakan suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa (Mc.Leod: 1995). Sejalan dengan itu, Stoner (1982) juga menyatakan bahwa SIMP merupakan metode formal yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan, operasi secara efektif dan pengendalian.  David et al.(2010) menyatakan bahwa SIMP merupakan pengembangan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi.
Sistem informasi yang efektif dalam suatu organisasi kependidikan, meliputi salah satunya adalah Biaya dan Anggaran Pendidikan. Anggaran Pendidikan adalah segala bentuk pengaturan biaya dari pendapatan sampai dengan pengeluaran yang dikelola oleh suatu lembaga pendidikan tertentu secara sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan.  Biaya atau anggaran pendidikan diperoleh melalui ; (1) APBN (Pusat), (2) APBD Tingkat I ( Dinas Pendidikan Provinsi ), (3) APBD Tingkat II ( Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota), (4) Anggaran Komite. 








               Dalam merancangbangun suatu biaya dan anggaran Pendidikan, SMK Negeri 4 Kota Jambi telah mengembangkan suatu Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIMP) melalui suatu analisis strategik pengembangan organisasi secara menyeluruh dan terpadu terhadap faktor intern dan ekstern ; SWOT ( Strenght/Kekuatan, Weakness/Kelemahan, Opportunity/Peluang, Threat/Ancaman) yang terus mengalami perubahan.
Melalui analisis SWOT ini, akan ditemukan segala unsur yang nantinya dapat mendukung keberhasilan pengelolaan sekolah. Dalam tulisan ini akan disajikan beberapa hal mengenai Sistem Informasi Manajemen SMKN 4 Kota Jambi tentang Biaya dan Anggaran Pendidikan yang ditinjau melalui analisis SWOT.





II.    Profil SMK  Negeri 4 Jambi

2.1.   Identitas Sekolah
1
Nama Resmi Sekolah
 : SMK Negeri 4 Jambi
2
Nomor Statistik Sekolah (Nss)
 : 33100401001
3
Status
 : Negeri
4
Sk Dan Tahun Pendirian
a.       Nomor Sk
b.      Tanggal Sk

: Mendikbud, No. 146/B-3/Kedj
: 29 Juni 1967

5
Luas Lahan
a.         Luas Lahan Keseluruhan
b.        Luas Lahan Bangunan
c.         Luas Lahan Tanpa Bangunan


: 8.689,50 M2
: 4.297,00  M2
: 4.392,00  M2

6
Akreditasi Program Keahlian
a.       Status Akreditasi
b.      Nomor Sk
c.       Tanggal

: A  (4 Program Keahlian)
: 01/SK/BASDA/XII/2007
: 17 Desember 2007
7
Sertifikasi Iso 9001:2000
a.       Lembaga Sertifikasi
b.      Nomor Registrasi Sertifikat
c.       Tanggal

: PT. TUV Internasional - Indonesia
: 01 100 065356
: Renewal Certification ISO 9001:2008
8
Alamat Sekolah
a.       Jalan
b.      Desa/ Kelurahan
c.       Kecamatan
d.      Kabupaten/ Kota
e.       Provinsi
f.       Kode Pos
g.      Nomor Telepon
h.      Nomor Faksimili
i.        E-Mail
j.        Website

: Jl. Jend. Urip Sumoharjo No. 31
: Sungai Putri
: Telanaipura
: Kota Jambi
: Jambi
: 36122
: (0741) 60077, 667609
: (0741) 60077
: smkn4_jambi@yahoo.com
: www.smkn4jambi.net
9
Identitas Kepala Sekolah
a.       Nama Lengkap
b.      Tempat/ Tgl. Lahir
c.       Alamat Lengkap

d.      Telepon/ Hp
e.       Sk. Pengangkatan Kepala Sekolah

: Dra. Hj. SUHITA SULASTRI
: Sungai Penuh, 17/09/1959
: Jl. Multatuli RT/RW 01,  Mayang Mangurai
  Kotabaru Jambi
: (0741) 41855/ 08127830554
: Keputusan Walikota Jambi  
  No. 821.29/19/UP/2007
10
Identitas Komite Sekolah
a.       Ketua Komite
b.      Jumlah Anggota
c.       Nomor Sk Pengangkatan
d.      Tanggal Sk Pengangkatan

: MALAGINTA HIEFNI
: 9 Orang
: 420/456.a/SMK4/2006
: 04 Desember 2006
11
Program Studi Keahlian
  1. Tata Boga

  1. Tata Busana
  2. Tata Kecantikan

  1. Akomodasi Perhotelan


 Kompetensi Keahlian
 : 1) Jasa Boga
 : 2) Patiseri
 : 1) Busana Butik
 : 1) Tata Kecantikan Rambut
 : 2) Tata Kecantikan Kulit
 : 1) Akomodasi Perhotelan




           













































2.2  Riwayat Singkat SMK Negeri 4 Jambi

SMK Negeri 4 Jambi pertama berdiri pada tahun 1960 dengan nama SGKP (Sekolah Guru Kepandaian Puteri) di bawah naungan Yayasan Sepucuk Jambi Sembilan Lurah yang dipimpin oleh Ibu SUHARMI INSRIYANTI dengan jurusan yang dibuka pada saat itu ialah; 1) Jurusan Rumah Tangga, 2) Jurusan Makanan, dan 3) Jurusan Menjahit.
Pada tahun 1967 statusnya berubah menjadi negeri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 146/B-3/Kedj tanggal 29 Juni 1967 dan nama SGKP diganti dengan SKKA (Sekolah Kesejahteraan Keluarga Atas) dengan kepala sekolah pada saat itu ialah Ibu SITI DJUWAIRIYAH dan menempati gedung baru yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Jambi pada tahun 1970.
Kemudian pada tahun 1976 nama SKKA diganti dengan SMKK (Sekolah Menengah Kesejahteraan Keluarga). Ketika itu SMKK dipimpin oleh Ibu Dra. MISNA HARMAWATI dan jurusan yang ada sama seperti semula.
Tahun 1978 hingga 1999, SMKK dipimpin oleh Ibu SRI REDJEKI, BA dan seiring perjalanan waktu,  pada tahun 1992 pengembangan jurusan yang ada semula menjadi Jurusan Tata Boga, Jurusan Tata Busana, dan Jurusan Tata Kecantikan, serta selanjutnya pada tahun 1996 dibuka jurusan baru yaitu Jurusan Akomodasi Perhotelan.
Pada tahun 1999 hingga 2002, SMKK dipimpin oleh Drs. TOTO SUBIANTO, dan nama SMKK kemudian berubah menjadi SMK Negeri 4 Jambi pada tahun 1999 sesuai dengan peraturan pemerintah ketika itu.
Selanjutnya pada tahun 2002 hingga saat ini, SMK Negeri 4 Jambi dipimpin oleh Ibu Dra. Hj. SUHITA SULASTRI dan mengalami banyak perubahan mendasar terhadap pengembangan pendidikan di SMK Negeri 4 Jambi.

     2.3.  Organisasi Dan Manajemen
         2.3.1  Visi dan Misi
a.       Visi
Menjadi lembaga pendidikan yang unggul, menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.
b.      Misi
1)      Melaksanakan KBM secara optimal;
2)      Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama;
3)      Mengembangkan dan mengintensifkan hubungan kerjasama dengan DU/DI dan institusi lain yang memiliki reputasi nasional/internasional;
4)      Menumbuhkan semangat keunggulan yang kompetitif;
5)      Mengembangkan dan meningkatkan kualitas secara intensif tenaga kependidikan;
6)      Menerapkan manajemen mutu (ISO 9001:2000);
7)      Memperdayakan seluruh sumber daya yang ada di SMK;
8)      Melengkapi fasilitas;

2.3.2.   Perencanaan Pendidikan
a.       Rencana Strategis 2005 – 2009 SMK Negeri 4 Jambi
Rencana Startejik 2005 – 2009 SMK Negeri 4 Jambi mencakup Tujuan, Sasaran, dan Kebijakan tentang: 1) Organisasi dan Manajemen, 2) Tenaga Kependidikan (SDM), 3) Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), 4) Kesiswaan, 5) Fasilitas, 6) Lingkungan Sekolah, 7) Hubungan Industri, dan 8) Unit Produksi.
b.      Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS) 2005 – 2009 SMK Negeri 4 Jambi, meliputi:
1)      Proyeksi Pengembangan Siswa, Proyeksi Pengadaan Dokumen Kurikulum, Proyeksi Pengembangan Tenaga Kependidikan/Guru;
2)      Proyeksi Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan/Guru;
3)      Proyeksi Pengembangan Tenaga Tata Usaha;
4)      Proyeksi Pengembangan Perangkat Sistem Pengolahan Data (Sistem Informasi Manajemen) Sekolah;
5)      Proyeksi Pengembangan Perpustakaan Sekolah;
6)      Proyeksi Pengembangan Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda dan Praktik Kerja Industri Periode;
7)      Proyeksi Pengembangan Infrastruktur (Lahan Ruang/ Gedung/ Bangunan);
8)      Proyeksi Peralatan Praktik Program Keahlian Tata Boga (Restoran);
9)      Proyeksi Peralatan Praktik Program Keahlian Tata Busana;
10)  Proyeksi Peralatan Praktik Program Keahlian Tata Kecantikan;
11)  Proyeksi Peralatan Praktik Program Keahlian Akomodasi Perhotelan;
12)  Proyeksi Pengadaan Peralatan Laboratorium Bahasa dan IPA;
13)  Proyeksi Peralatan Audio Visual (Termasuk Lab. Komputer);
14)  Proyeksi Peralatan Kantor/Perabot dan Peralatan 7K;
c.       School Development and Investment Plan (SDIP) 2006 – 2011 Sekolah Bertaraf Internasional.
Target Pengembangan pada School Development and Investment Plan (SDIP­­) 2006 – 2011 Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) yakni: 1) Kurikulum Implementatif, 2) Bahan Ajar, 3) Buku Pegangan, 4) Administrasi Pengajaran dan PBM, 5) Institusi Pasangan, 6) Siswa, 7) SDM, 8) Sarana dan Prasarana Pendidikan, 9) Organisasi, Manajemen, dan Administrasi, 10) Komite Sekolah, 11) Keluaran, 12) Hasil.
d.      School Business Plan (SBP) Tahunan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).
Target Pengembangan Tahunan pada School Business Plan (SBP) Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional yakni: 1) Kurikulum, Bahan Ajar, dan KBM, 2) Sarana dan Prasarana, 3) Peserta Didik, 4) Peran Serta Masyarakat, dan 5) Unit Produksi.

2.3.3.   Penerapan Sistem Manajemen Mutu
Sebagai SMK yang diproyeksikan menjadi Sekolah Bertaraf Internasional, maka salah satu persyaratannya ialah menerapkan Sistem Manajemen Mutu di sekolah. Penerapan Sistem Manajemen Mutu di SMK Negeri 4 Jambi yakni dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000. Penerapan dan Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 mulai berlaku pada tanggal 15 Agustus 2006 dengan Nomor Sertifikasi Din En ISO 01 100 065356 yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu PT. TUV Internasional – Indonesia.
Dalam implementasi Sistem Manajemen Mutu, SMK Negeri 4 Jambi telah melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan kepada 40 orang guru dan pegawai, meliputi:
a.       Pendidikan dan Pelatihan Pemahaman (Awareness) Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000pada tanggal 22 s.d. 24 Agustus 2005;
b.      Workshop Penyusunan IK dan Instrumen Mutu Unit Kerja pada tanggal 07 s.d. 15 Oktober 2005;
c.       Pendidikan dan Pelatihan Audit Internal dalam implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 tanggal 16 s.d. 18 Januari 2006;
Panduan pelaksanaan implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 di SMK Negeri 4 Jambi dituangkan dalam beberapa dokumen mutu, antara lain:
a.       Dokumen Pedoman Mutu
b.      Standar Operasi Prosedur (SOP)
c.       Instruksi Kerja dan Formulir Mutu
Sejak di terbitkannya Sertifikasi SMM ISO 9001:2000 yang berlaku mulai 15 Agustus 2006, SMK Negeri 4 Jambi telah melaksanakan 2 (tiga) kali melaksanakan kegiatan Audit Internal di sekolah dan 2 (tiga) kali Audit Tindak Lanjut (Follow-Up Audit/ Surveillance Audit) yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu PT. TUV Internasional – Indonesia dengan hasil baik.

2.3.4.  Penetapan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)

Tahap Pengembangan (Development) SMK Negeri 4 Jambi sebagai SMK SBI pada tahun 2006 telah diverifikasi oleh tim dari Direktorat Pembinaan SMK yang bekerjasama dengan PPPG Kejuruan Bidang Bisnis dan Pariwisata. Pengukuhan SMK Negeri 4 Jambi sebagai SMK SBI dituangkan dalam Surat Keputusan Direktur Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Mananajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas, Nomor: 0004/C5.2/Kep/MN/2006 tentang Penetapan Sekolah Bertaraf Internasional.
Untuk tahun 2007 dan tahun 2008. SMK Negeri 4 Jambi memasuki Tahap Pemantapan (Establishment) sebagai SMK SBI. Program-program yang ditargetkan pada tahap pemantapan Tahap Pemantapan (Establishment) mengarah pada beberapa kinerja standar yang belum tercapai secara optimal pada tahap pengembangan sebagai SMK SBI tahun 2006 dan juga mengacu pada kinerja SMK SBI yang dituangkan dalam “Janji Kinerja SMK SBI” yang juga terkait erat dengan komponen-komponen standar pengembangan SMK SBI sebagai standar minimal;
Verifikasi dan penilaian terhadap pencapaian kinerja SMK Negeri 4 Jambi sebagai SMK – RSBI pada tahun 2007 telah dilakukan oleh beberapa lembaga, antara lain; Direktorat Pembinaan SMK – Ditjend. Mandikdasmen, Depdiknas, Universitas Negeri Yogyakarta, P4TK Jakarta, P4TK Medan, dan P4TK Ciancur. Sebagai gambaran sementara dari hasil pencapaian kinerja SMK Negeri 4 Jambi sebagai SMK – RSBI pada tahun 2007 adalah masuk pada kategori baik, mandiri dengan pendampingan insidental sebagai SMK-RSBI.
2.3.5.   Akreditasi Sekolah
Untuk menetapkan kualifikasi kinerja sekolah dalam tingkatan kualifikasi dan standar pendidikan menengah dan kejuruan, maka SMK Negeri 4 Jambi telah di akreditasi oleh Badan Akreditasi Sekolah Provinsi Jambi pada tanggal 17 Desember 2007.
Hasil akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Provinsi Jambi tertuang dalam Keputusan Ketua Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah Jambi Nomor 01/SK/BASDA/XII/2007 tentang Penetapan Hasil Akreditasi SMA dan SMK Tahun 2007 Provinsi Jambi, sebagai berikut :
Tabel 1:
Penetapan Hasil Akreditasi SMA dan SMK Tahun 2007
Provinsi Jambi untuk SMK Negeri 4 Jambi
No.
Program Keahlian
Nilai Akreditasi
Peringkat
Angka
Huruf
1
Tata Busana
94,85
A
Amat Baik
2
Tata Boga (Restoran)
95,70
A
Amat Baik
3
Tata Kecantikan (Rambut)
94,60
A
Amat Baik
4
Akomodasi Perhotelan
98,00
A
Amat Baik

2.3.6.  Sistem Informasi Manajemen Pendidikan

SMK Negeri 4 Jambi telah melaksanakan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan yang terkomputerisasi sebagai pangkalan data (database). Adapun pangkalan data (database) pada Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIM-P) SMK Negeri 4 Jambi meliputi:
    1. Pangkalan Data Urusan Kepegawaian, Administrasi, Keuangan, dan Sarana Prasarana di Ruang Tata Usaha;
b.      Pangkalan Data Bidang Kurikulum di Ruang Wakil Kepala Sekolah;
c.       Pangkalan Data Bidang Kesiswaan di Ruang Wakil Kepala Sekolah;
d.      Pangkalan Data Bidang Hubungan Industri di Ruang Wakil Hubungan Industri;
e.       Pangkalan Data Bidang Sistem Manajemen Mutu di Ruang Sistem Manajemen Mutu;
f.       Pangkalan Data Unit Kerja Program Keahlian di Ruang Unit Kerja Program Keahlian;
g.      Pangkalan Data Unit Produksi di Ruang Unit Produksi;
Semua komputer yang dimiliki SMK Negeri 4 Jambi belum terhubung dalam suatu Sistem Jaringan Lokal atau Local Area Network (LAN), namun pada tahun 2008 SMK Negeri 4 Jambi telah memiliki menara jaringan internet melalui fasilitas JARDIKNAS Dinas Pendidikan Provinsi Jambi dan terhubung dengan Hot Spot Area Networking yang masih dalam tahap konstruksi menuju Sistem Jaringan Lokal atau Local Area Network (LAN) pada tahun 2009.
III.     Analisis SWOT Tentang Biaya dan Anggaran Pendidikan

3.1.    Lingkungan Strategik Internal  (ALI)
Biaya dan Anggaran Pendidikan
Strength (S)
(Kekuatan)
Weakness (W)
(Kelemahan)

·      Dukungan Dari Pusat melalui APBN
·      Dukungan dari Provinsi / Melalui APBD Tingkat I
·      Dukungan Dari Kota melalui APBD Tingkat II
·      Dukungan Dari Masyarakat melalui dana Masyarakat  untuk pendididkan yang dihimpun oleh Komite Sekolah
·      Dukungan Dari DU/DI
·      Dana Tidak Teralokasi dengan baik
·      Minimnya sumberdaya manusia pengelola
·      Minimnya pengetahuan tentang Loby dan Proposal




3.2.   Lingkungan Strategik Eksternal (ALE)
Biaya dan Anggaran Pendidikan
Opportunity (O)
(Peluang)
Threats (T)
(Ancaman)

·      Adanya Program SMK Standar Nasional
·      PEMDA bersifat terbuka
·      Outsourcing dengan DU/DI dan instansi terkait
·      Pemerintah Pusat bersifat terbuka.
·      Perkembangan Teknologi yang sangat pesat
·      Banyak Sekolah yang membutuhkan biaya





IV.   Biaya dan Anggaran Pendidikan

Rancangbangun Biaya dan Anggaran Pendidikan meliputi; 1) Perencanaan , 2) Pengelolaan, 3) Pelaporan; Pengawasan dan Tindak Lanjut. Biaya dan Anggaran ini diperoleh melalui : Anggaran Tingkat I (Provinsi)  dan Pusat, Anggaran APBD Tingkat II dari Kabupaten/ Kota, dan Anggaran dari komite Sekolah.

4.1.      Anggaran dari Tingkat I (Provinsi) dan Pusat
a.     Perencanaan     
      Perencanaan anggaran ini dimulai dengan membuat proposal bantuan dana/ Blog grant yang ditandatangani oleh kepala sekolah.  Satu berkas proposal diserahkan ke Tingkat I (provinsi) dan satu lagi diserahkan ke pusat untuk kemudian dipertimbangkan  kemungkinan pengesahan dan pencairan dananya.
b.    Pengelolaan
        Pengelolaan anggaran ini dilakukan secara swakelola oleh kepala sekolah. Tidak boleh dilelang atau dikontrak kerjakan. Namun langsung dikelola oleh sekolah.  Sekolah melalui kepala sekolah langsung bertanggung jawab terhadap pengelolaan keuangannya.
c.     Pelaporan
                 Pelaporan meliputi dua hal yaitu Pengawasan dan Tindak lanjut.  Untuk pengawasan dilakukan langsung oleh BPK dan Inspektorat, Direktorat dan PSMK.  Dan Tindak lanjut atau temuan atas kegagalan pelaksanaan , sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak sekolah.

4.2.                                                             Anggaran APBD Tingkat II dari Kabupaten/ Kota
a. Perencanaan
      Tahap perencanaan biaya/ anggaran pendidikan dari suatu sekolah yang diperoleh dari APBD Tingkat II kabupaten/ kota, yaitu pada awal tahun ajaran pihak sekolah mengikuti hearing pendapat di DPRD kota jambi berkaitan dengan kebutuhan yang sangat mendesak dan penting yang tercantum dalam RAPBS.  Selanjutnya setelah melalui persetujuan pihak DPRD kota jambi, pihak sekolah melalui walikota mendapatkan dana/ anggaran yang dibutuhkan menyesuaikan dengan kemampuan dan daya dukung yang dimiliki oleh pihak kota.
b.Pengelolaan
   Dana/ biaya yang diperoleh dari pihak kota kemudian dikelola pihak sekolah melalui bendahara rutin/ kas.  Hal yang bersifat pembangunan baik fisik maupun material yang tidak bisa diatasi sekolah, dapat dilakukan oleh pihak ketiga melalui sebuah kontrak kerja.
c. Pelaporan
Untuk pengawasan dilakukan secara melekat oleh pihak Bawasko (Badan Pengawas Kota), Dinas Kota maupun walikota. Pelaporan tersebut dibuat secara lengkap dan dilengkapi dengan bukti setoran dan bukti pembelian / pengadaan alat/ material.
Seandainya dalam pelaksanaannya ditemui penyimpangan, maka hasil temuan  oleh bawasko akan ditindak lanjuti , dengan pemanggilan pimpinan sekolah untuk diminta pertanggungjawaban pengadaan alat/ material tersebut. 


4.3.                                                             Anggaran dari Komite Sekolah

a.     Perencanaan
Anggaran yang diperoleh dari Masyarakat melalui Komite Sekolah, melalui sebuah Rapat Komite Sekolah dengan pihak sekolah.  Pada rapat tersebut pihak sekolah menyampaikan RAPBS, untuk selanjutnya dibahas dan disetujui oleh komite sekolah.


b.    Pengelolaan
Pada Tahap pengelolaan, Dana dipungut oleh pihak komite sekolah  dan dipegang oleh seorang bendahara komite.  Uang yang diperoleh oleh komite sekolah dari masyarakat ini, kemudian dibelanjakan untuk biaya operasional harian sekolah dalam satu bulan.
c.  Pelaporan
Pihak komite sekolah, pada akhir tahun ajaran memberikan pelaporan pemakaian data tersebut kepada rapat umum komite sekolah yang dihadiri oleh Masyarakat, orang tua yang sebelumnya telah melakukan pengawasan terhadap  pemakaian dana tersebut.



Penutup

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMP) merupakan sistem informasi berbasis teknologi yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat  organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan, operasi secara efektif dan pengendalian.
Sistem informasi manajemen pendidikan dalam bahasan ini mengedepankan aspek biaya / anggaran pendidikan  menunjang Proses Belajar Mengajar.
 Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIMP) pada SMK Negeri 4 Kota Jambi dirancang melalui suatu analisis pengembangan organisasi dengan analisis strategik yang menyeluruh dan terpadu terhadap faktor intern dan ekstern ; SWOT ( Strenght/Kekuatan, Weakness/Kelemahan, Opportunity/Peluang, Threat/Ancaman) yang terus mengalami perubahan.
Suatu rancang bangun Sistem Manajemen pendidikan di suatu sekolah sesungguhnya haruslah terintegrasi dengan beberapa komponen yang lain yang telah terkonsep dan diharapkan dapat menjadi acuan/ blueprint dalam pengembangan SIMP  pada aspek biaya/ anggaran pendidikan.

Daftar Pustaka

SIMP. 2010. SMK Negeri 4 Kota Jambi. File Akreditasi Sekolah.
RIPS.2010. SMK Negeri 4 Kota Jambi Tahun 2010-2014.
RENSTRA. 2009. SMK Negeri 4 Kota Jambi Tahun 2009-2014. Rencana Strategis (School Strategic Plan).
McLeod & Schell.1995.  Sistem Informasi Manajemen. Jakarta. Penerbit Salemba Empat.
Stoner, James.1982. Management: Studi Guide and Workbook. America.Prentice-Hall Publishers.
David et al. 2010. Strategic Information Systems Mangement. Cengange Learning Publishers.




DAFTAR ISI
I.               Pendahuluan
II.           Profil SMK Negeri 4 Kota Jambi
2.1.            Identitas Sekolah
2.2.            Riwayat Singkat Sekolah
2.3.            Organisasi dan Manajemen
2.3.1.               Visi dan Misi
2.3.2.                Perencanaan Pendidikan
2.3.3.                Penerapan Sistem Manajemen Mutu
2.3.4.                Penetapan RSBI
2.3.5.                Akreditasi Sekolah
2.3.6.                Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
III.        Analisis SWOT Tentang Biaya dan Anggaran Pendidikan
3.1.            Lingkungan Strategik Internal (ALI)
3.2.            Lingkungan Strategik Eksternal (ALE)
IV.        Biaya dan Anggaran Pendidikan
4.1.            APBN (Pusat)
4.2.            APBD Tingkat I ( Dinas Pendidikan Provinsi )
4.3.            APBD Tingkat II ( Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota)
4.4.            Anggaran Komite
V.           Penutup
VI.        Daftar Pustaka




















RANCANGBANGUN SIMP
BIAYA DAN ANGGARAN PENDIDIKAN
PADA SMK NEGERI 4 KOTA JAMBI


DOSEN PENGAMPU
Prof.Dr.H. SJARKAWI, M.Pd


OLEH
KUKUH SILA UTAMA
A2E009125



PROGRAM MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN
PROGRAM PASCA SARJANA
UNIVERSITAS JAMBI
2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar